Jumat, 25 Januari 2013

UN

ni ade saya bentar lagi ngadepin yang namanya UN (Ujian Nasional). ya sebenernya saya juga udh pernah ngadepin "momok" seperti ini dua taun yang lalulah.

kenapa saya bilang "momok", ya gitu lah, pasti menimbulkan ketakutan tersendiri bagi yang menjalani, terutama anak SMA.

entahlah kenapa harus terjadi UN, sekarang standar pendidikan beda, bayangkan anak yang ada di kota besar seperti jakarta dan lain lain, pasti lah berbeda seperti kami yang berada jauh dari peradaban.

denger denger standart pembuatan soal UN emang dibedakan pada setiap daerah, mengikuti mayoritas materi pelajaran yang ada di provinsi masing masing. menurut saya ini ga banyak membantu deh.

nda lulus, itu kata yang paling banyak menghantui otak anak SMA untuk sekarang ini. PDKTnya 9 tahun, jadiannya cuman 4 sampai 6 hari. buseeeeet kejam amat ya. di tentuinnya bukan dari sekolah lagi, melainkan orang pusat, padahal kita ga tau siapa dia begitu pula sebaliknya.

menurut saya yang berhak menentukan kita layak lulus ya dari pihak sekolah, karna mereka yg selalu ada di samping kita, depan, belakang, atas dan bawah.

standar angkatan saya buat kelulusan kalau ga salah 30 : 60 (kalau salah silahkan diralat). 30 persen dari hasil uas dan sisanya lagi dari hasil UN. beh tetap aja ga membantu banyak.

saya setuju UN di selenggarakan asal kebutuhan pendidikan di indonesia sudah merata. sarana dan prasarana penunjang pendidikan memadai.

banyak kok murid SD yang harus berjalan kaki dari jam lima subuh sampai jam tujuh buat bersekolah. ada yang ngelintasi sungai, jembatan rusak. bayangkan mereka yang bertaruh nyawa buat bersekolah. sudah sampai sekolah, sekolahnya minim fasilitas. motivasi tinggi aja yang buat mereka memiliki niat sekolah sama cita citanya.

banyak juga anak anak yang anteng andaikan mereka ga lulus. masih ada ujian susulan katanya, masih ada paket C katanya. aneh. ga bisa jadi apa apa kalau kalian begitu, kecuali bisa buka usaha sendiri.

belum lagi kejiwaan kita bisa jadi goyah jika ga lulus, jadi bahan cemoohan, gunjingan, bahkan fitnah.

ok, kita kembali ke UN. begitulah UN, bahkan bisa menyebabkan galau akut, lebih galau dari pacar ga ngubungi, atau terancam putus. bhahaha

belum lagi paket soal. beeeeeeh, meledak kepala rasanya.

pesan saya, buat kalian yang bentar lagi UN cuma dikit, belajar, solat, dan berdoa serta minta restu dan doa orang tua kalian. insyaallah makbul tuh doa beliau. tahajud juga jangan lupa mbabro dan massist :D

semangat UN 2013 ya buat kalian yang menunaikannya, kenapa saya bilang menunaikan ?, ya karena memang harus di tunaika. :)

bhahahaha :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar